Minggu, 10 Oktober 2010

Equivalent Trade

pernah tau ini?
pasti pernahlah..
semua siswa SMA ipa di indonesia pasti tahu ini karena namanya saja dari bahasa inggris jadi terlihat asing..
equvalent trade artinya pertukaran setara
tentu ini akan menjadi tidak asing..
yah! ini adalah pelajaran kimia SMA
sebuah hukum kimia yang berbunyi
"untuk menghasilkan sebuah produk diperlukan reaktan-reaktan yang jumlahnya setara dengan produknya"
misalnya
H2 + 1/2O2 ----> H2O
terlihat ada satu unsur hidrogen dan setengah unsur oksigen untuk membentuk air atau uap air..
dari segi massa pun setara
jika H2 memiliki 1 mol dengan massa relatif adalah 1kg/mol artinya H2 yang diperlukan kira-kira 1kg
O2 memiliki 1/2 mol dilhat dari koefisiennya maka dengan massa relatif O2 16 kg/mol maka tentu massa O2 adalah 8 kg.
lalu berapakah kilogramkah H2O yang dihasilkan?
dengan perhitungan tadi maka hasilnya adalah 9 kg!!
1 + 8 -----> 9
ya inilah equivalent trade dan cukup jelas saa menerangkannya..
tapi bukan kimia yang saya akan bicarakan.. tetapi soal hidup
simak saja

hidup itu sebuah perjuangan. sebuah perjuangan pastinya erat kaitannya dengan pengorbanan.
anggaplah perjuangan itu adalah sebuah proses reaksi kimia
pengorbanan adalah reaktan
cita-cita adalah sebuah produk
seperti itulah hidup..
ternyata prinsip equvalent trade layak berlaku di kehidupan ini..
ketika anda ingin jadi seorang presiden, tentu anda harus belajar sungguh2 dan mencoba meraih suara terbanyak dalam pemilihan presiden baik lewat pamor, kebaikan atau cara-cara licik sehingga akhirnya anda menjadi presiden.
banyak sekali kemiripan kehidupan denga reaksi-reaksi kimia.
sebut saja katalis, suatu zat yang mempercepat sebuah reaksi. di kehidupan dapat dimisalkan sebagai dukungan dan semangat dari oeang yang kita sayangi, orang tua, istri, anak, pacar, teman dan lain sebagainya.
reaksi juga ada bermacam-macam seperti endoterm, eksoterm, reaksi spontan dan reaksi tidak spontan,, reaksi fusi, reaksi fisi, reaksi nuklir dan lain sebagainya yang semuanya tergantung dari sifat zat-zat dan keadaaan lingkungannya.
dalam kehidupan juga sama, banyak sekali cara-cara untuk menjadi ini dan itu dan semuanya juga tergantung dari apa-apa yang kita korbankan baik dan buruknya.
sayangnya ada satu hal yang berbeda antara reaksi kimia dan kehidupan
yaitu reaksi kimia adayang berddifat reversibel yaitu pada reaksi kesetimbangan.
sedangkan kehidupan bersiffat irreversibel(tidak bisa mengulang kembali)
jadi pentingkah kita tahu hal2 ini?
saya rasa penting..
agar ketika kita berjuang, kita punya keyakinan bahwa perjuangan ini nantinya akan memberikan sebuah hasil.. tentu hasilnya kita tidak dapat tentukan karena kita sediri juga tidak bisa menentukan kadar perjuangan dan pengorbanan kita..
pernahkah anda menghitung kadar pengorbanan anda? misalnya anda sudah belajar dari pagi sampai malam dan anda berhak mengatakan bahwa kadar pengorbanan waktu dan tenaga anda setara dengan 1000 kg oksigen??
tentunya tidak, karena allah sendiri yang tahu kadarnya dan kita hanya bisa melakukan sebisa mungkin..
anda juga bisa saja menggunakan perjuangan licik yang tidak pada semestinya.. namun tentu hasilnya juga tidak sebaik yang anda kira.. karena kelicikan anda akan ikut bereaksi menjadi sebuah produk yang mungkin akan meghancurkan anda sekarang atau nanti..
kenapa saya berbicara ini?
haha sebenernya saya sedang berjuang untuk mendapatkan sesuatu.. sampai apapun saya rela korbankan untuk itu.. mungkin sebuah tugas adalah hal yang sangat sepele untuk dikorbankan dibandingkan itu.. bahkan klo seandainya perlu sebuah nyawa nantinya, mungkin saya siap bersedia menukarnya..
saya tadi memang sudah mengorbankan banyak energi, tenaga dan pikiran juga sebuah tugas dan persiapan uts yang menurut saya cukup penting.. walau hasilnya nihil, saya yakin suatu saat perjuangan saya akan membuahkan hasil.. saya tidak tahu sudah seperti apa kadar perjuangan saya.. mungkin baru 0.0001 kg oksigen atau mungkin sudah 1000kg oksigen..
lahipula seandainya saya tetap belajar dan mengerjakan tugas, saya yakin tidak akan efektif.. fokus saya juga sudah beralih, pasar seni juga sudah tersenyum menunggu kedatangan saya..
saya rasa akan lebih baik saya mengikuti keinginan saya dahulu agar nantinya saya
bisa fokus lagi kek kewajiban saya..
semoga dari semua kejadian yang telah saya alami hari ini, kemarin dan esok menjadi sebuah hikmah bagi saya.. menjadikan saya pribadi yang kuat! amiiiin

Momen terbaik dari seorang pejuang adalah saat dia berjuang bukan saat dia berhasil.
:)
dan saya pun kembali nugas..
yah gpp dah..
hahaha
:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan di komen ya :)