Minggu, 22 Agustus 2010

perjuangan ayah saya! dan konsep "anak kiai biasanya udah dicalonin.."

melihat judulnya sepertinya temanya sudah jelas sekali ya? hahaha..
ayah saya adalah seorang kiai disebuah pesantren milik yayasan yang didirikan oleh keluarga saya. yayasan ini sudah lama berdiri semenjak kakak saya yang pertama belum lahir. klo tidak salah sejak tahun 1970an. dahulu yayasan ini didirikan oleh kakek dan nenek saya yang dibantu oleh seluruh warga desa. pada awalnya yayasan ini hanya berupa masjid dan sekolah pengajian al'qur'an (majelis ta'lim) yang bernama addiniyah(klo gak salah sih). barulah sekitar tahun 1980an didirikan sekolah dasar ibtidaiyah dan pesantren yang bernama birrul walidain.
dan ayah saya mulai menjadi pengurus kedua lembaga pendidikan ini.
ini menjadi awal mula ayah meniti karir dan mencapai masa keemasannya semenjak ia lulus S2 di libya jurusan b.arab karena program beasiswa.
dari amanah mengurus kedua lembaga pendidikan, ayah saya mulai mendapat kehormatan dari kalangan warga sekitar sehingga menjadi seperti sekarang ini. ya tentunya saya bangga punya ayah seperti dia, ayah nomor satu sedunia. ayah yang banyak cerita dan perjuangan yang bisa saya petik.
saya berharap ingin seperti dia, dia adalah tokoh favorit saya setelah nabi muhammad SAW. tentunya kepopularitasan ayah saya di daerah saya, saya berharap tidak membuat saya merasa tinggi, karena saya tidak merasa punya peran sesuatu dalam kesuksesan ayah saya.
bertahun2 ayah saya mengurus kedua lembaga pendidikan itu, sampai mendirikan sebuah smp kecil dan akhirnya pensiun 1 tahun memberikannya banyak pengalaman menarik dan kenaln dari kalangan2 kiai dan ulama di beberapa daerah. ayah saya pun menjadi seorang tokoh masyarakat di daerah saya, saya hanya bisa mengucapkan alhamdulillah sekali lagi dan bersyukur atas segala nikmat yang allah beri. semoga kesombongan tidak menyertai hati ini.
lalu apa maksud konsep "anak kiai biasanya udah dicalonin"?
jadi begini ceritanya
kejadiannya kurang lebih 1 tahun yang lalu..
saya adalah anak yang sangat terbuka dengan orang tua, segala hal yang menyangkut hal-hal pribadi terkadang saya ceritakan secara langsung ke orang tua..
waktu itu ketika liburan, saya pernah iseng bertanya..
saya : umi faiz sebenernya boleh pacaran gak sih? maksud faiz temen deket lah.. siapa tau jadi calon..
umi : tapi jangan sampai ganggu kuliah, sebenarnya kalau buat jadi penyemangat aja sih boleh..
ayah saya pun datang dan ikut duduk mendengarkan pembicaraan kami berdua
ayah: buya juga dulu punya teman cwe waktu kuliah, cuma waktu itu dekat2 lulus jadi kalau nikah juga gak ada beban..
saya : artinya faiz boleh donk?
ayah : gak boleh, nanti ganggu kuliah..
saya : justru faiz males kuliah klo gak yang ngasih semangat.. (ngeyel hahaha) sekalian cari calon kan kalau cocok hehe
ayah :  kalau masalah calon sih gak perlu dicari.. buya punya kenalan banyak yang punya anak cwe.. mau dicalonin?
saya : wah gak ah.. masa cowok dicalonin sih, faiz pengen usaha sendiri, acari sendiri kalau emang bener udah gak dapet, baru deh faiz mau..
buya : oo yaudah..
saat ini saya berfikir, ternyata emang benar cerita orang2 kalau konsep anak kiai biasanya udah dicalonin tuh benar adanya..
dan ini diperkuat sewaktu saya mengikuti wisuda kakak saya yang ketiga..
saat itu tepat di depan saya, seorang kiai dari sebuah pesantren sedang asik berbicara dengan ayah saya.. kiai itu sedang menghadiri wisuda anaknya yang kebetulan sama dengan wisuda kakak saya. awalnya hanya berbcara maslah agama dan pesantren namun tiba-tiba diakhir percakapan saya kaget.
kiai : kebetulan anak saya sudah ulus kuliah nih pak, kira-kira bapak punya calon buat anak saya gak? mungkin anak bapak ada yang mau nikah..
ayah : wah, anak saya lelaki semua (karena kebetulan anaknya si kiai itu cwo)
mungkin pak haji bla bla bla(nama kiai yg saya gak kenal)  tuh ada.. dia kalau gak salah punya anak perempuan satu masih kuliah di sini tingkat 3..
kiai: oh gitu ya pak, cwo semua ya.. makasih ya pak, saya udah dipanggil istri nantisaya coba tanya sama pak (kiai yang tadi disebut ayah saya) .. assalamualaikum
ayah : waalaikumsalam..
saya hanya terdiam dan kaget.. ternyata begitu caranya mencalonkan anak
terus saya berpikir, bisa jadi takdir saya seperti itu, ada baiknya, sayagak perlu susah2 mencari..
buruknya, saya belum tentu suka dan itu bukan jalan bagi seorang pria sejati hehehe :D
silahkan dikomen
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan di komen ya :)